Selasa, 02 April 2013

LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN



     I.      PENDAHULUAN
1. Umum
Prestasi belajar terdiri dari dua kata yaitu : prestasi dan belajar. Prestasi adalah hasil yang telah dicapai, dilakukan atau dikerjakan. Belajar adalah aktifitas yang menghasilkan perubahan pada diri individu yang belajar, baik aktual maupun potensial .Pengertian belajar banyak didefinisikan oleh para ahli dengan berbagai dimensi yang berbeda-beda antara lain pengertian belajar yang dikemukakan oleh :
·         Whiterington yaitu belajar adalah proses perubahan tingkah laku berkat adanya pengalaman, perubahan tingkah laku tersebut meliputi perubahanketerampilan, kebiasaan, sikap, pengetahuan, pemahaman, dan apresiasi.
·          W.S.Winkel, belajar adalah suatu aktifitas mental yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan, yang menghasilkan perubahan dalam pengetahuan-pengetahuan, keterampilan dan nilai sikap.

2.    Maksud dan tujuan
Berdasarkan pada permasalahan penelitian tersebut, maka tujuan yang ingin diperoleh dari hasil penelitian ini adalah sebagai berikut :
a.       Ingin mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler ?
b.      Ingin mengetahui prestasi belajar siswa mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler ?
3. Ingin mengetahui hubungan antara kegiatan ekstrakurikuler dan prestasi belajar siswa?

3.       Ruang Lingkup
Populasi
Populasi adalah seluruh obyek penelitian. Apabila seorang ingin
meneliti semua elemen yang ada di dalam wilayah penelitian, maka penelitiannya merupakan penelitian populasi (Arikunto,1998:115).
Populasi penelitian adalah keseluruhan obyek penelitian yang terdiri dari manusia, benda-benda, hewan, tumbuh-tumbuhan, gejala-gejala, nilainilai tes atau peristiwa sebagai sumber data yang memiliki karakteristik sendiri suatu penelitian (Nawawi,1987:40).

4.       Tata urut
                              a.            Pendahuluan
                              b.            Dasar
                               c.            Pelaksanaan
                              d.            Hasil yang dicapai
                              e.            Kesimpulan dan saran
                                f.            Penutup


   II.         DASAR
(Surat)

    III.      PELAKSANAAN
Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler SMA , dilaksanakan pada hari sabtu di luar jam pelajaran.
    IV.      HASIL YANG DICAPAI
Terbukti dengan hasil penelitian diperoleh bahwa rxy = 0,18040
      V.            KESIMPULAN DAN SARAN
Terdapat hubungan yang positif antara keterlibatan siswa dalam kegiatan-kegiatan Ekstrakurikuler dengan prestasi belajar siswa.Ada kecenderungan semakin sering atau banyak seorang siswa terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler semakin baik prestasi belajarnya. 

    VI.            PENUTUP
Demikian laporan ini dibuat sebai bahaN masukan dan laporan guna mendapat arahan dan saran dalam rangka perbaikabn kegiatan organisaSI selanjut nya.

0 komentar:

Posting Komentar