Nama : Septia Regina A
NPM : 16210453
Tema : Ekstrakulikuler
Penulis Jurnal : Larasati Gisda
Tahun penerbitan Jurnal : 8 September 2009
Judul : Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler Sekolah Terhadap Prestasi Siswa
Pendahuluan
Latar Belakang
Sekolah
merupakan lembaga pendidikan, yang menampung peserta didik dan dibina agar
mereka memiliki kemampuan, kecerdasan dan keterampilan. Dalam proses pendidikan
diperlukan pembinaan secara berkoordinasi dan terarah. Dengan Demikian siswa diharapkan
dapat mencapai prestasi belajar yang maksimal sehingga tercapainya tujuan
pendidikan.
Dalam
pembinaan siswa di sekolah, banyak wadah atau program yang dijalankan demi
menunjang proses pendidikan yang kemudian atas prakarsa sendiri dapat meningkatkan
kemampuan, keterampilan ke arah pengetahuan yang lebih maju.
Salah
satu wadah pembinaan siswa di sekolah adalah kegiatan ekstrakurikuler.
Kegiatan-kegiatan yang diadakan dalam program ekstrakurikuler didasari atas
tujuan dari pada kurikulum sekolah. Melalui kegiatan ekstrakurikuler yang
beragam siswa dapat mengembangkan bakat, minat dan kemampuannya.
Kegiatan-kegiatan
siswa di sekolah khususnya kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang
terkoordinasi terarah dan terpadu dengan kegiatan lain di sekolah, guna
menunjang pencapaian tujuan kurikulum.
Yang
dimaksud dengan kegiatan terkoordinasi di sini adalah kegiatan yang
dilaksanakan sesuai dengan program yang telah ditentukan. Dalam pelaksanaannya
kegiatan ekstrakurikuler dibimbing oleh guru, sehingga waktu pelaksanaan
berjalan dengan baik.
Dengan
Demikian, kegiatan ekstrakurikuler di sekolah ikut andil dalam menciptakan
tingkat kecerdasan yang tinggi. Kegiatan ini bukan termasuk materi pelajaran
yang terpisah dari materi pelajaran lainnya, bahwa dapat dilaksanakan di
sela-sela penyampaian materi pelajaran, mengingat kegiatan tersebut merupakan
Bagian penting dari kurikulum sekolah.
Kegiatan
ini menjadi salah satu unsur penting dalam membangun kepribadian murid. Seperti
yang tersebut dalam tujuan pelaksanaan ekstrakurikuler di sekolah menurut
Direktorat Pendidikan Menengah sebagai berikut:
1.
Kegiatan ekstrakurikuler harus meningkatkan kemampuan
siswa beraspek kognitif, afektif dan psikomotor.
2.
Mengembangkan bakat dan minat siswa dalam upaya
pembinaan pribadi menuju pembinaan manusia seutuhnya yang positif.
3.
Dapat mengetahui, mengenal serta membedakan antara
hubungan satu pelajaran dengan pelajaran lainnya.
Dari
tujuan ekstrakurikuler di atas dapat diambil kesimpulan bahwa ekstrakurikuler
erat hubungannya dengan prestasi belajar siswa. Melalui kegiatan
ekstrakurikuler siswa dapat bertambah wawasan mengenai mata pelajaran yang erat
kaitannya dengan pelajaran di ruang kelas dan biasanya yang membimbing siswa
dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler adalah guru bidang studi yang
bersangkutan. Melalui kegiatan ekstrakurikuler juga siswa dapat menyalurkan
bakat, minat dan potensi yang dimiliki. Salah satu ciri kegiatan ekstrakurikuler
adalah keanekaragamannya, hamper semua minat remaja dapat digunakan sebagai
bagian dari kegiatan ekstrakurikuler.
Hasil
yang dicapai siswa setelah mengikuti pelajaran ekstrakurikuler dan berdampak
pada hasil belajar di ruang kelas yaitu pada mata pelajaran tertentu yang ada
hubungannya dengan ekstrakurikuler yaitu mendapat nilai baik pada pelajaran
tersebut. Biasanya siswa yang aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler akan
terampil dalam berorganisasi, mengelola, memecahkan masalah sesuai
karakteristik ekskul yang digeluti.
Berdasarkan
keterangan di atas penulis tertarik untuk meneliti “Pengaruh Kegiatan
Ekstrakurikuler terhadap Prestasi
Siswa”.
0 komentar:
Posting Komentar